Sistem
Informasi Strategis (SIS) adalah dukungan terhadap sistem yang ada dan membantu
dalam mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing organisasi dalam hal adalah
tujuan.Sistem Informasi dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan secara
keseluruhan sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan
perusahaan lainnya.
Dengan adanya aplikasi
teknologi informasi perusahaan dapat meningkatkan kinerja operasional dan
manajemen. Teknologi seperti otomatisasi kantor, otomatisasi pabrik, sistem
pemrosesan transaksi dan sistem manajemen database berpengaruh pada kualitas
organisasi
Ciri - Ciri Strategi Informasi
System :
1.
Untuk
mencapai keuntungan.
2.
Digunakan
dalam untuk waktu tertentu, memfasilitasi strategi perusahan strategi yang
dilakukan dalam waktu yang terbatas dan strategi itu pun di pantau dalam SIS
dan untuk pengambilan keputusan dapat di publikasi oleh perusahaan lain.
3.
Inovasi
yang menjawab kebutuhan customer, menghasilkan inovasi yang unggul dan
kebutuhan customer. SIS digunakan untuk bisa mengetahui kebutuhan customer.
4.
Bisa
mengakomodasi invasi dalam 3 hal.
·
Otomatisasi
·
Pengembangan
·
Reka
Ulang
Strategi Dalam
Sistem Informasi
Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh perusahaanperusahaan untuk
memenangkan persaingan yaitu cost leadership , differentiation, and focus and other strategy
is innovation, alliance,growth and quality. Berikut pembahasan atas strategi tersebut :
1. Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi
biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari pemasok,
dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2. Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang
unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain,
yaitu dengan cara : memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang
berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
3. Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan
memfokuskan pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.
4. Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam
berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5. Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama
yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan para pesaing.
6. Growth Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan dan mendiversifikasi
pasar.
7. Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan
kualitas dari produk atau jasa.
Peranan strategi sistem informasi
·
Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
·
Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
·
Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Ronie Febriansah
3021610044