Alvin Hardian
3021610007
SisFor-A
Strategic Information System
Sistem Informasi Strategis (SIS) adalah dukungan terhadap sistem yang ada dan membantu dalam
mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing organisasi dalam hal adalah tujuan.Sistem Informasi
dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan secara keseluruhan sehingga dapat membantu
perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya.
Sistem Informasi dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan secara keseluruhan sehingga
dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya
Sistem Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai :
-Jaringan kompetitif vital (pembaharuan organisasi)
-Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
Sistem
Informasi Strategis (SIS) adalah dukungan terhadap sistem yang ada dan
membantu dalam mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing organisasi
dalam hal adalah tujuan.Sistem Informasi dapat mempengaruhi aktivitas
bisnis perusahaan secara keseluruhan sehingga dapat membantu perusahaan
dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya. - See more at:
http://agenkzz.blogspot.co.id/2010/11/sistem-informasi-strategis-resume-pti.html#sthash.On4fQ8mD.dpuf
Strategi
Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh perusahaanperusahaan untuk
memenangkan persaingan yaitu cost leadership , differentiation, and focus and other strategy
is innovation, alliance,growth and quality. Berikut pembahasan atas strategi tersebut :
1. Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi
biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari pemasok,
dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2. Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang
unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain,
yaitu dengan cara : memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang
berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
3. Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan
pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.
4. Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam
berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5. Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama
yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan para pesaing.
6. Growth Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan danmendiversifikasi
pasar.
7. Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari
produk atau jasa.
Peranan strategi sistem informasi
-Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
-Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
-Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Lima macam kekuatan kompetitif (Analisis Porter)
² Daya tawar pelanggan
² Daya tawar pemasok
² Daya rival kompetitor
² Ancaman pendatang baru
² Ancaman substitusi
Peran strategi sistem informasi
A. Biaya Rendah
- Sentralisasi dalam pembelian
- Pengawasan yang lebih efektif
B. Menciptakan Perbedaan
- Analisis kebutuhan pelanggan berbasis komputer
- Costumer Online shipment tracking
C. Inovasi
- Costumer order entry
- Online package tracking
D. Mendorong Pertumbuhan
- Jaringan telekomunikasi global
- Pos inventory tracking
E. Membentuk Aliansi
- Pengisisan Inventory secara otomatis oleh pemasok
- Online inventory management