Sistem Informasi Strategis
Era IT pada Dunia Bisnis
Data Processing tahun 1950
: pengolahan data
Management Information System (MIS) tahun 1970
: untuk penyajian informasi
Strategic Information System (SIS) tahun 1990
: SI yang di gunakan perusahaan untuk membantu mencapai tujuan perusahaan,
meraih keunggulan kompetitif, memberikan layanan penyediaan baran atau jasa
pada customer
Sistem Informasi Strategis (SIS) adalah dukungan terhadap sistem yang ada dan
membantu dalam mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing organisasi dalam hal
adalah tujuan.Sistem Informasi dapat mempengaruhi aktivitas bisnis perusahaan
secara keseluruhan sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis
dengan perusahaan lainnya.
Ciri-Ciri SIS :
1. Untuk mencapai keuntungan
2. Digunakan untuk waktu tertentu
Karena suatu strategi di
jalankan dalam kurun waktu lama dan akan di ubah di lihat persaingan dari perusahaan lain
3. Inovasi yang menjawab kebutuhan
customer
4.
Mengakomodasi inovasi :
a.
Otomatisasi (di kerjakan dengan teknologi)
untuk menghemat biaya pengeluaran
perusahaan
b. Improvement
(peningkatan atau pengembangan)
tambahan pada proses
c. Reenginering
(merekayasa ulang)
agar proses lebih efektif
Dasar Strategi Sistem Informasi :
* Rencana/kebijakan/kumpulan aksi yang di desain untuk mendapatkan/meraih
tujuan besar
* Strategi di buat dalam jangka panjang oleh top level management
Sistem Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai :
* Jaringan kompetitif vital (pembaharuan organisasi)
* Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya
Peranan Strategis Sistem Informasi
* Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
* Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
* Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Sistem Informasi Strategis (Strategisc
Information Systems)
* Sistem Informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan
strategis bagi suatu perusahaan
* Suatu perusahaan dapat bertahan dan sukses alam jangka panjang jika ia mampu
mengembangkan strategi dalam menghadapi lima macam kekuatan kompetitif yang membentuk
struktur kompetisi di dalam industrinya
Lima macam kekuatan kompetitif (Analisis
Porter)* Daya tawar pelanggan
* Daya tawar pemasok
* Daya rival kompetitor
* Ancaman pendatang baru
* Ancaman substitusi
Peran strategis Sistem Informasi
Contoh Penggunaan Sistem Informasi (Teknologi Informasi) untuk menerapkan
strategi kompetitif
– Biaya rendah :
* Sentralisasi dalam pembelian
* Pengawasan yang lebih efektif
– Menciptakan perbedaan :
* Analisis kebutuhan pelanggan berbasis komputer
* Customer online shipment tracking
- Inovasi :
* Customer order entry
* Online package tracking
- Mendorong pertumbuhan :
* Jaringan telekomunikasi global
* POS inventroy tracking
* Meningkatkan kualitas dan efisiensi
Manfaat strategis penggunaan TI
- Meningkatkan operasi bisnis
- Mempromosikan inovasi bisnis
- Mempertahankan pelanggan dan pemasok
- Membentuk biaya pengganti (Switching cost)
- Membentuk tembok penghalang bagi pendatang baru
- Membangun suatu ‘platform” TI strategis
- Mengmbangkan basis informasi strategis
See
more at: http://agenkzz.blogspot.co.id/2010/11/sistem-informasi-strategis-resume-pti.html#sthash.RZ8Ak4bt.dpuf