Sistem informasi strategis, sistem komputer yang digunakan level organisasi untuk mengubah sasaran, pengoperasian, produk, jasa, atau relasi lingkungan untuk membantu organisai meraih keunggulan kompetitif.
Keputusan strategi bisnis dari perusahaan tergantung pada:
· Produk dan jasa yang dhasilkan perusahaan
· Industri di mana perusahaan bersaing
· Pesaing, pemasok, dan pelanggan dari perusahaan
· Tujuan jangka panjang dari perusahaan
System yang menciptakan diferensiasi produk:
· Perusahaan dapat menggunakan IT untuk mengembangkan produk-produk berbeda.
· Menciptakan loyalitas merek dengan mengembangkan produk yang unik dan baru dan jasa
· Produk dan jasa tidak mudah diduplikasi oleh pesaing. Contohnya, Dell Corporation.
Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh perusahaanperusahaan untuk
memenangkan persaingan yaitu cost leadership , differentiation, and focus and other strategy
adalah innovation, alliance,growth and quality. Berikut pembahasan atas strategi tersebut :
1. Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi
biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari pemasok,
dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2. Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang
unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain,
yaitu dengan cara : memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang
berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
3. Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan
pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.
4. Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam
berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5. Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama
yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan para pesaing.
6. Growth Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan danmendiversifikasi
pasar.
7. Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari produk atau jasa.
Peranan strategi sistem informasi
· Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
· Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
· Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global
Ciri-Ciri Sistem Informasi
1. Baru, adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima.
2. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
3. Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
4. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada.
Sistem Informasi dapat dikategorikan dalam empat bagian:
· Sistem Informasi Manajemen
· Sistem pendukung keputusan
· Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Pemrosesan Transaksi