Ade vicky p
3021610002
STRATEGIC INFORMATION SYSTEM
Strategi
Terdapat beberapa
stretegi umum yang digunakan oleh perusahaan tersebut
yaitu cost leadership, differentiation dan other strategy. Berikut pembahasan
strategi tersebut
1. Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi
biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis,
menurunkan biaya dari pemasok dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2. Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang
unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan
pesaing lain
3. Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan
memfokuskan pada produk atau jasa khusus dalam organisasi
4. Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam
berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5. Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan
kerjasama yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan
para pesaing
6. Growth Strategy
Sistem informasi
dikatakan mendukung strategi ini jika mengembangkan dan mendiversifikasi pasar.
7. Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan
kualitas dari produk atau jasa.
Penerapan
Sistem informasi dikatakan strategis jika tujuannya memenuhi kriteria
berikut ini :
1. Mencapai posisi
kepemimpinan biaya yang rendah
2. Menyediakan
diferensiasi produk/jasa dan nilai bagi konsumen yang lebih besar
3. Menciptakan
aliansi antara perusahaan dan pemasok dan pelanggannya, sehingga mengurangi
biaya untuk pemasok dan menyediakan
dukungan khusus bagi pelanggannya.
4. Mempertinggi
nilai suatu produk / jasa dengan menyediakan tampilan atau dukungan yang
inovatif
5. Memungkinkan
pertumbuhan pada pasar yang ada secara geografis atau ekspansi volume
6. Membantu
mengenalkan suatu produk ke pasar
Ciri Ciri SIS
1.
Untuk
mencapai keuntungan sebanyak banyaknya
2.
Hanya
untuk waktu tertentu
3.
Inovasi
yang menjawab kebutuhan